Rabu, 04 Oktober 2017

CARA MEMULAI USAHA TANPA MODAL BESAR

Hambatan besar bagi para enterpreneur ketika akan memulai bisnis adalah memikirkan modal. Dari mana modalnya? Bagaimana jika mau memulai bisnis tanpa modal besar?

Ketika menemui kesulitan di sini, orang memilih mengurungkan niat, bahkan mundur. Jangan dulu mundur, karena siapa tahu jurus simpel dibawah ini bisa membantu Anda memulai bisnis tanpa modal yang besar.

1. Ide sebagai nilai jual



Semua dimulai dari ide, modal nomor wahid calon pengusaha. Dengan konsep bisnis yang jelas, menarik, memiliki nilai jual, detil, maka dari situlah Anda mudah mengembangkannya. Tak perlu biaya besar, jual saja ide ini kepada pihak yang mampu membantu merealisasikannya. Tidak sulit memanggil ide.



Tidak perlu pula muluk-muluk. Yang sederhana saja, namun memiliki nilai tinggi. Tengok diri Anda, apa aset yang Anda punyai, entah berupa ilmu, skill, produk, dan sebagainya. Selanjutnya, ide ini harus ditindak dengan langkah nyata. Jika hanya disimpan, mau jadi apa? Wujudkan ide ini menjadi nyata dan berinovasilah dalan mengembangkannya.



2. Rangkul partner kerja 




Ini salah satu trik untuk menekan biaya yang Anda keluarkan sebagai modal. Dengan mengajak rekanan berinvestasi bersama, maka beban modal Anda menjadi ringan. Usaha Anda pun bisa lebih inovatif dengan masuknya ide dari partner Anda tersebut. Jangan jauh-jauh mencari, cukup mereka yang berada di lingkaran Anda sendiri, entah keluarga, kerabat, ataupun teman.



3. Usaha sampingan




Seiring dengan pembangunan ide bisnis Anda, coba imbangi dengan usaha sampingan paruh waktu. Dari uang usaha sampingan ini, Anda bisa mengumpulkan modal untuk ide bisnis utama Anda. Layaknya menabung, lama-kelamaan uang hasil usaha sampingan membantu Anda untuk mencapai goal.



4. Manfaatkan teknologi 




Untunglah kita ada di era yang serba maju dan memudahkan. Tinggal koneksi internet dan komputer, Anda bisa mempromosikan usaha bisnis Anda. Biaya promosi pun dapat Anda tekan, bukan? Unggah gambaran detail bisnis Anda, lengkap dengan bagaimana cara meghuungi Anda.



Desain web semenarik mungkin agar orang mau menyinggahinya. Terakhir, tinggal copy-paste laman web tersebut ke social media yang Anda miliki, misalnya Facebook, Twitter, atau Instagram. Lewat pemanfaatan internet ini, Anda juga bisa menarik pelanggan lebih banyak, lho.



5. Tangkap dan gunakan peluang dengan maksimal




Sebaiknya Anda tidak melewatkan begitu saja peluang yang datang. Jika memang bisa, kejar saja. Agar tidak menyesal, bersikap total dan konsistenlah dalam menggunakan peluang itu. Ambil resiko yang ada, karena memang tak ada jalan yang seratus persen mulus. Totalitas ini akan membawa hasil yang baik, sehingga sesulit apapun usaha yang kita mulai, kita akan dengan senang menjalankannya



6. Jaga hubungan dengan semua orang




Ketika membangun usaha, upayakan berkoordinasi yang baik dengan semua pihak, terutama yang memilikki relasi langsung dengan bisnis kita. Minimalisir kesalahpahaman ataupun konflik yang menghambat kemajuan usaha Anda. Dalam kondisi Anda yang tak bermodal banyak saat ini, maka semua orang adalah penting. Kita tahu kelak siapa yang akan membantu kita dikala sempit. Maka, jagalah hubungan baik dengan semua orang.


Anda ingin memiliki perubahan hidup 



Hubungi:
Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar