Kamis, 12 Oktober 2017

TES : APAKAH ANDA BERBAKAT WIRAUSAHA

Kini saatnya kita lebih melihat peluang wirausaha.Perusahaan besar tak bisa lagi diharapkan jadi gantungan nasib, karena pengelolanya harus makin memikirkan efisiensi.Korban ter-PHK harus makin membuka diri, bahwa di banyak negara, perusahaan skala kecil tak hanya menampung 50% dari seluruh tenaga kerja, tetapi juga menjadi pusat dari berbagai jenis pekerjaan baru.

Joseph Schmidt, mitra pendiri Joseph Schmidt Confections, menyatakan, "Kewirausahaan memerlukan energi, komitmen, dan niat kuat untuk berhasil .... Anda harus betul-betul mencintai kegiatan itu.”

Di bawah ini ada beberapa pertanyaan sebagai bekal Anda mewujudkan keinginan berwirausaha.


Pilihlah jawaban dengan memberi tanda pada kata "Ya" atau "Tidak".

1. Jika menghendaki sesuatu, saya bersedia menempuh segala risiko untuk mendapatkannya. (Ya/Tidak)
2. Dalam melakukan sesuatu, saya selalu memikirkan tujuan perbuatan itu. (Ya/Tidak)
3. Saya senang mengerjakan sesuatu yang memang cocok untuk diri saya. (Ya/Tidak)
4. Saya menyukai tantangan (Ya/Tidak)
5. Saya menyukai kewenangan penuh atas diri saya. (Ya/Tidak)
6. Biasanya saya termasuk orang optimis. (Ya/Tidak)
7. Saya suka membenamkan diri sepenuhnya ke dalam pekerjaan. (Ya/Tidak)
8. Saya cukup puas dengan apa yang telah saya lakukan dan hasilkan selama ini. (Ya/Tidak)
9. Saya punya standar tinggi bagi kualitas pekerjaan saya. (Ya/Tidak)
10. Saya suka bereksperimen dengan gagasan maupun produk-produk baru. (Ya/Tidak)
11. Saya menganggap perkembangan diri dan profesi lebih penting daripada rasa tenang, uang, dan gengsi. (Ya/Tidak)
12. Saya akan bekerja keras untuk mencapai sasaran yang memang saya inginkan. (Ya/Tidak)
13. Dalam setiap pengambilan keputusan saya biasa menggabungkan daya nalar dan intuisi sekaligus. (Ya/Tidak)
14. Saya orang kreatif. (Ya/Tidak)
15. Sayalah orang paling tepat untuk mengambil keputusan bagi diri saya sendiri, tak peduli jika keputusan itu menentang arus. (Ya/Tidak)

Penjelasan:

Sebelas atau lebih jawaban "Ya" adalah pertanda Anda punya jiwa kewirausahaan kuat. Namun, jika jawaban "Ya" berkisar antara 6 – 10 buah, itu artinya Anda perlu tambahan kualitas untuk menjadi wirausahawan sukses.Sedangkan jika jawaban hanya lima buah "Ya" atau kurang, artinya Anda memang cocok jadi pegawai.

Wirausaha memang tidak bisa dilakukan semua orang. Tapi mereka yang cocok dengan dunia ini mengatakan, itulah buah upaya mengejar impian atau gagasan.Ada beberapa orang ingin bekerja secara lebih fleksibel, ada yang niatnya supaya lebih dihargai.Ada yang karena suka menghadapi tantangan, atau ingin memiliki otonomi dan kewenangan, serta pertanggungjawaban.


Beberapa orang memilih berwirausaha karena ingin mengendalikan karier dan bahkan kendali atas kehidupannya.Keuntungan berwirausaha antara lain terdapat dalam kebebasan, tanggung jawab, dan keluwesan. Ada juga keuntungan lain, misalnya keragaman jenis dan irama pekerjaan, kesempatan untuk menciptakan tantangan, serta kepuasan ketika menggapai impian.Tentu, kegagalan dan kekecewaan juga ada. 

Beberapa ahli menyatakan, dua pertiga dari semua usaha gagal di tahun pertama perintisannya.


Beberapa sebab kegagalan antara lain: sumber dana minim, tidak memberi peluang bagi pendelegasian wewenang, kurang semangat, dedikasi tidak sepenuhnya, daya tahan rendah, kegairahan cepat pudar, serta riset dan perencanaan lemah.Kekurangan lain masih ada, misalnya waktu senggang jadi berkurang, ketiadaan penghasilan tetap, juga tak terpikirkan berbagai tunjangan atau fasilitas lain seperti yang biasa diperoleh seorang pegawai.
Tapi bagaimanapun, wirausahawan termasuk salah satu profesi yang dijalani dengan penuh kegembiraan.Jika Anda menciptakan pekerjaan, Anda mengendalikan pekerjaan itu beserta gaya hidup yang dibawanya. Semoga sukses. 



(Seperti pernah dimuat di Majalah Intisari edisi Juli 2000)


Anda ingin memiliki perubahan hidup 



Hubungi:
Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862

Tidak ada komentar:

Posting Komentar