Senin, 20 Maret 2017

YUTAKA SASAKI CHEF IKAN FUGU


Apa yang terbayangkan saat disajikan sebuah masakan yang penuh tantangan, beracun? Sanggupkah Anda memakannya? Semua orang pasti akan menolak. Siapa yang mau ambil resiko untuk mencoba sebuah menu masakan yang "berbahaya" seperti ikan Fugu alias ikan buntal? Ya, ikan Fugu terkenal sekali di negara Oshin, Jepang. Konon, sekali seumur hidup harus mencoba mencicipi masakan ikan Fugu, ikan beracun. Masakan ikan fugu ini adalah masakan eliteluxury, masakan mahal. Tidak setiap hari bisa menikmatinya.
Ikan fugu atau ikan buntal, bentuknya sangat unik. Saat marah, seluruh tubuhnya akan membengkak sejadi-jadinya. Seolah akan memuntahkan segala amarahnya kepada siapa saja. Konon, ikan fugu atau ikan buntal ini seluruh bagian darah, hati  baik jantan maupun betina adalah beracun semua. Cara penyajian ada beberapa cara, bisa sashimi (diiris tipis, disajikan secara mentah), tempura (digoreng tepung) ataupun nabe (semacam sup kuah panas).
Walaupun beracun tetapi ikan fugu ini layak dimakan asalkan paham cara penyajiannya. Orang awam tidak boleh menyajikan hidangan ikan fugu ini karena terlalu berbahaya. Hanya chef/koki yang sudah berlisensi dan memang mengikuti pelatihan tentang pengolahan ikan fugu, yang boleh menyajikannya.

Satu di antara chef ikan fugu yang ternama di Jepang adalah Yutaka Sasaki. Pengalamannya sungguh mengagumkan. Di usia 18 tahun, chef Yutaka Sasaki telah menentukan pilihan hidupnya untuk menjadi seorang chef ikan fugu. Usia yang belia. Menurutnya, untuk menjadi seorang chef ikan fugu yang handal membutuhkan waktu 10 tahun untuk pelatihan hingga berlisensi dan siap terjun langsung sebagai seorang chef yang handal.

Saat saya mengikuti short video tentang chef Yutaka Sasaki, terus terang saja.. saya simak lebih dari 10 kali, sebelum saya pastikan untuk dijadikan topik artikel ini.  Menarik sekali karakter chef ini, beliau benar-benar tekun dan penuh kesungguhan menjalankan profesinya, sangat mencintai pekerjaanya sebagai seorang chef ikan fugu. Keberaniannya untuk memulai dan juga kegigihannya untuk bertahan. Ini hal yang sangat tidak mudah, terbukti chef Yutaka Sasaki telah bertahan dalam pekerjaannya selama 45 tahun. Luar biasa! Lebih dari separuh hidupnya diabadikan untuk profesinya itu.
Menyaksikan cara menyajikan ikan fugu dengan penuh ketelatenan maka pahamlah kenapa beliau menjadi panutan bagi para chef ikan fugu lainnya. Irisan yang dilakukannya bagaikan sebuah " art". Selembar demi selembar irisan ikan fugu dilakukan dengan penuh profesional, cantik sekali dan diletakkan di atas piring besar. Terbentuk seolah-olah kelopak bunga yang indah. Luar biasa !
Kesuksesan apapun pasti akan berhasil diraih apabila dilakukan dengan ketekunan dan kesungguhan yang mendalam. Dedikasinya yang luar biasa terhadap profesi itu juga yang mengantarkan chef Yutaka Sasaki ke gerbang kesuksesan.

"Sukses butuh modal dasar Keberanian untuk memulai & kegigihan dalam bertahan." (Andrie Wongso)

Salam luar biasa, 

Hani Yamashita
Jepang

Sumber:

Yamashita,hani."Belajar dari Yutaka sasaki:Dedikasi profesi yang luar biasa."https://www.andriewongso.com/belajar-dari-yutaka-sasaki-dedikasi-profesi-yang-luar-biasa/ (Diakses 21 maret 2017)


Jika anda ingin perubahan hidup

 Hubungi:
Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 
546D27CF
SMS : 081219992862  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar