Selasa, 31 Januari 2017

PEMUDA BERWAJAH CACAT NGOTOT INGIN JADI BINTANG FILM

     Pemuda ini dilahirkan dari keluarga miskin di New York.Ibunya terpaksa melahirkan dia di tangga pintu sekolah.Akibat proses kelahiran yang tak lancar,ia mengalami kelainan syaraf di bagian mukanya tepatnya di sisi kanan wajahnya menjadi tak normal.Ia juga berbicara gagap dan ujung bibirnya selalu ketarik ke bawah.Ia kerap diejek sebagai tokoh kartun kucing di Looney tunes yang kebetulan mirip namanya.Karena kekurangannya itu ia sempat dimasukkan di sekolah kebutuhan khusus ketika remaja.
    Tapi ia punya mimpi jadi aktor.
   Untuk mengejar mimpinya menjadi aktor itu,pemuda itu mengikuti audisi kemana-mana.Akan tetapi karena wajahnya yang seperti orang cacat mental dan gaya bicaranya yang seperti orang gagap ditambah aktingnya yang kaku membuat ia selalu ditolak untuk peran apapun yang ia inginkan.
    Tapi ia tak pantang menyerah.Anda kaget mengetahui berapa kali ia ditolak agen bintang di New york.Ia ditolak sebanyak 1500kali bahkan jumlah seluruh agen film di New york tak sebanyak itu artinya beberapa agen sudah menolaknya berkali-kali.
  Setelah gagal audisi dimana-mana,akhirnya ia nekat.Untuk mendapatkan peran pertamanya,ia terpaksa ngotot.Ia datang ke sebuah agency pukul 04.00 sore tetapi agen film yang didatangi menolak untuk bertemu dengannya.Keesokan paginya ketika sang agen datang ke Kantor,ia menemukan si pemuda itu tetap menunggu.Ia menunggu semalaman.Akhirnya agen tersebut tak tega dan memberinya kesempatan.
   Walaupun ia hanya tampil beberapa menit sebagai figuran.Ini sudah merupakan terobosan baginya.Setidaknya ini memberi nilai tambah bahwa ia pernah main film.Ia pikirnya jalannya akan semakin mudah.Tetapi realitanya,karier dia tetap saja.Ia menemukan kegagalan demi kegagalan untuk mendapatkan peran lain.Ia bahkan pernah mengambil peran di film semi porno dengan bayaran rendah yaitu US$200 untuk 2 hari shooting.Ia pun tak bisa membayar alat pemanas kamar ketika suhu sangat dingin di New york.Ia terpaksa pergi ke Perpustakaan untuk mendapat suhu yang hangat.Dari buku yang ia baca di Perpustakaan membuat dia mendapatkan ide untuk menulis naskah film.Ia menjual naskah film senilai US $100.  
     Hidupnya tak kunjung membaik.Istrinya pun mulai jengah dengan obsesinya.Istrinya pun menyuruh dia mencari kerja serius yang tak ada kaitannya dengan acting.Tapi ia tetap bersikeras untuk tak mengubur impiannya di dunia acting.Hidupnya makin sulit,ia mulai menjual perhiasan istrinya.Hingga akhirnya pada titik terendah,ia bahkan memiliki pikiran untuk menjual anjing kesayangannya yang sudah seperti keluarga yaitu Timmy.Ia menjual seharga US $25.Ia pun sampai pada titik bangkrut hingga tak bisa makan sama sekali.
     Dalam kegalauan,ia menonton sebuah pertandingan tinju antara Mohamad Ali dan Chuck Webner.Seorang petinju yang dianggap lemah dan bisa dirobohkan dalam 3 ronde ternyata mempunyai kemantapan dan kekerasan hati.Ia dapat menyelesaikan total 15 ronde untuk melawan Ali karena tak mau menyerah.
       Dia pun terinspirasi dengan tontonan tersebut dan muncul sebuah visi tentang naskah film yang akan ditulisnya.Malam hari itu ia mulai menulis naskah film 3 hari tanpa henti.Ia sangat gembira dengan naskah yang dibuat itu.Dia yakin bahwa naskah itu akan mengubah nasib dan hidupnya.Namun tetap tak ada yang memberi tanggapan serius naskah itu.
      Ia tak pernah berhenti berusaha.Ia terus menawarkan naskahnya walau akhirnya juga sama ia ditolak lebih dari ratusan kali oleh semua produser dan studio film.Sampai suatu ketika ada sebuah studio yang berani membayar dia senilai US $ 20.000 dengan syarat tokoh utamanya adalah Ryan O'Neal dan Burt Reynolds.
      Ia senang sekali mendapat penawaran itu.Akan tetapi ia mulai ngotot lagi kalau dia ingin menjadi pemain naskah itu sendiri.Sang produser terang menolaknya.Sang produser terus mengajukan harga tinggi untuk naskah itu sampai mencapai $ 325.000.Namun tetap ia kekeuh ingin agar naskah film itu dibintangi olehnya.Ia bahkan berjanji kalau aktingnya bakal bagus.
    Akhirnya produser pada keputusan final.Dia menyetujui permintaannya.Namun dia hanya dibayar $20.000 untuk naskah cerita ditambah $340 per minggu sesuai upah minimal seorang aktor.Setelah dipotong biaya-biaya,komisi agen,dan pajak maka ia hanya mendapatkan penghasilan bersih sekitar $ 6.000 bukannya $ 325.000.

Apakah ini kisah pria tak tahu diri yang ingin menjadi bintang?

     Ini adalah kisah Slyvester Stallone atau biasa disingkat "Sly".
    Sly sadar setelah 1500 kali penolakan ,naskah filmm Rocky yang dibuatnya mungkin satu-satunya pintu gerbang untuk menjadi peran utama karena ia tak mau melepas peran Rocky untuk orang lain.Sekalipun berbudget rendah US$1.000.000 dan tak dibintangi oleh aktor tak terkenal saat itu yaitu Stallone sendiri.Namun film ini meledak di pasaran dan menghasilkan uang senilai US $200.000.000 atau 200 kali lipat.
     Dari film Rocky yang dibintanginya ia dinominasikan meraih Academy Awards sebagai aktor terbaik.Film itu memenangkan 3 Oscar sekaligus untuk Film terbaik,Sutradara terbaik,dan skenario terbaik.Setelah Rocky,kesuksesan terus mengiringinya selama beberapa dekade kedepan.Ia kembali sukses menjadi ikon action movie dalam karakter Rambo.Pemuda keturunan Itali ini menjadi ikon Machismo(kejantanan) dalam film action holywood.
    Ia menjadi aktor pencetak box office terbesar di Dunia sepanjang tahun 1970-1990.Serial Rocky(Rocky 1-5) dan Rambo(1-4) meraih hampir US$1Miliar dan menjadikan Stallone seorang bintang film internasional termahal.





Hikmah:

     Apa yang dicapainya kini merupakan buah keteguhannya mempertahankan mimpi untuk menjadi bintang film.
     Seandainya ia merelakan naskah film Rocky dibintangi orang lain mungkin ia mendapatkan US $325.000 untuk naskahnya tapi ia kehilangan peluang,yang mungkin satu-satunya untuk menjadi bintang utama.
    Tentang penolakan yang ia alami,ia berkata 
"I take rejection as someone blowing a bugle in my ear to wake up and get going,rather than retreat." 
"Saya anggap penolakan seperti orang meniupkan terompet di telinga untuk membangunkan kita untuk mundur."



Sumber:Alamsyah,Isa.2010.NO EXCUSE.Depok:Asma Nadia Publishing House.
Ingin merubah kehidupan yang lebih baik bersama saya
Hubungi : Santy Marlina (Lina)  SMS/WA : 081219992862 PIN : 546D27CF
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar